Recent Post



Babinsa Bantu Pemupukan Cabai Rawit Di Lahan Milik Petani Binaan.

SOLOK, BN-News-Anggota Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Sertu Mardi melaksanakan kegiatan pembersihan dan pemupukan di lahan cabai dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP) dibidang pertanian.

Masyarakat yang ikut terlibat dalam kegiatan pembersihan dan pemupukan ibu Rodiah, Inet dan Ibu Rosi. Adapun luas lahan tanaman cabai 50 x 20 M. Berlokasi di Jorong Durian Tigo Capang, Nagari Alam Pauh Duo, Kec. Pauh Duo, Kab. Solok Selatan, Senin (5/9/2022). 

Cabai merupakan salah satu komoditas strategis di Indonesia karena dapat memengaruhi tingkat inflasi akibat fluktuasi harga yang sering terjadi dipasaran. 

Kegagalan usaha tani cabai umumnya disebabkan oleh kesalahan penentuan waktu tanam, budidaya petani konvensional, serta pengendalian hama penyakit yang tidak tepat. 
Cabai rawit atau  cabai  kecil  (Capsicum frutescens) termasuk dalam famili Solanaceae dan merupakan tanaman berumur panjang (menahun), dapat hidup sampai 2-3 tahun apabila dipelihara  dengan baik dan kebutuhan haranya tercukupi.  

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Nagari Alam Pauh Duo Sertu Mardi mengatakan, pemantauan, perawatan dan pertumbuhan tanaman cabe tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada petani khususnya petani cabe di wilayah binaannya agar tetap semangat.

“Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa merupakan salah satu wujud TNI AD. Dalam mensukseskan swasembada pangan sehingga para petani tetap terus semangat,” ungkapnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar