Recent Post



Motivasi Petani Tanaman Tomat Babinsa Nagari Talang Bantu Lakukan Perawatan.

SOLOK, BN-News-Anggota Koramil 09/Gunung Talang Kodim 0309/Solok, Praka Roli Mulia melaksanakan kegiatan perawatan tanaman tomat dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian. Bertempat di Jorong Tabek Dangka, Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Kamis (4/8/22). 

Tomat merupakan tanaman yang bisa tumbuh di segala kondisi, mulai dari dataran tinggi, dataran menengah serta dataran rendah. Tanaman tomat akan tumbuh maksimal apabila ditanam di tanah yang gembur. Selain itu, tanah untuk menanam tomat sebaiknya sedikit mengandung pasir, banyak humus, dan pengairannya cukup teratur.

Salah satu sumber vitamin A dan C serta vitamin B yang baik untuk kesehatan adalah Tomat, terutama pada buah tomat yang telah tua (Merah). Fungsinya didalam tubuh adalah sebagai pembersih darah dan memperlancar pencernaan makanan dalam perut. Penderita wasir / ambeien dianjurkan banyak konsumsi tomat. 

Buah tomat selain banyak mengandung vitamin untuk kesehatan, juga digunakan sebagai bahan pelengkap bumbu dapur dalam memasak berbagai macam masakan. 

"Dalam budidaya tanaman buah tomat ini juga merupakan peluang bisnis yang cukup menghasilkan, karena jual beli dipasaran buah tomat tidak pernah ketinggalan untuk dibeli oleh konsumen," ucap Babinsa. 
Kegiatan kali ini Praka Roli Mulia Babinsa Nagari Talang membantu petani melakukan pembuangan daun-daun yang sudah tua untuk mengurangi kelembaban pada tanaman. 

Adapun perkembangan tanaman tomat saat ini sudah berumur 12 minggu dari masa pengolahan sampai dengan perawatan sekarang ini. 

Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa ini dalam perawatan dan pertumbuhan tanaman tomat bertujuan untuk memberikan motivasi kepada petani tomat agar tetap bersemangat dalam melakukan perawatan yang optimal sehingga pohon tomat akan tumbuh subur dan berbuah lebat sesuai dengan yang diharapkan.

"Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD di wilayah teritorial yang sudah seharusnya berperan aktif dalam mewujudkan Swasembada Pangan yang kuat dan meningkatkan perekonomian masyarakat, di wilayah binaan masing-masing," pungkasnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar