Recent Post



Wujud Kepedulian Guna Meningkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Bantu Rawat Tanaman Cabe Merah.

SOLOK, BN-News-Anggota Babinsa Koramil 07/Sungai Lasi Kodim 0309/Solok, Kopda Demi Hidayat melaksanakan kegiatan perawatan pada tanaman cabe bersama masyarakat produktif Bapak Mas salah satu warga petani binaan di wilayah Nagari Taruang-Taruang. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit Produktif dibidang pertanian yaitu tanaman cabe merah yang bertempat di Nagari Taruang-Taruang, Kecamatan IX Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Jumat (29/07/2022). 

Pendampingan Babinsa kepada petani terus dilakukan dalam rangka motivasi para petani dalam meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan di wilayah.

Cabai merah (Capsicum annuum) termasuk famili Solanaceae dan merupakan salah satu komoditas sayuran yang memiliki banyak manfaat, bernilai ekonomi tinggi dan mempunyai prospek pasar yang menarik. 

"Buah cabai selain dapat dikonsumsi segar untuk campuran bumbu masak juga dapat diawetkan misalnya dalam bentuk acar, saus, tepung cabai dan buah kering," ujar Kopda Demi Hidayat. 
Perawatan yang dilaksanakan harus tetap dilakukan secara rutin seperti melakukan penyulaman, pengairan, penggemburan tanah, pemberian pupuk dan penyemprotan hama. 

Dalam pengendalian OPT (Organisme Penganggu Tumbuhan) dilakukan tergantung pada OPT yang menyerang. Beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satunya yang sering dipakai para petani melakukan penyemprotan bahan nabati dan kimia. 

"Penggunaan pestisida kimia dapat digunakan sesuai kebutuhan dengan dosis yang sesuai petunjuk. Pengendalian dengan pestisida harus dilakukan dengan benar baik pemilihan jenis, dosis, agar tidak berpengaruh kepada buah itu sendiri atau bagi kesehatan kita sendiri," ucap Babinsa. 

Sementara Mas warga petani binaan Nagari Taruang-Taruang, mengucapkan terimaksih kepada Kopda Demi Hidayat, selalu hadir mendampingi kami dalam perawatan tanaman cabai miliknya. 

“Dengan adanya pendampingan Pak Babinsa kita menjadi terbantu dan termotivasi dalam perawatan tanaman cabe ini," pungkasnya.(PENDIM03009). 

Posting Komentar

0 Komentar