Recent Post



Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Laksanakan Pemantau Langsung Kepeternak Hewan Binaan.

SOLOK, BN-News-Dalam rangka mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Babinsa Koramil 09/Gunung Talang Kodim 0309/Solok, Peltu Yoni Efrizal melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik warga di wilayah Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Rabu (13/07/22).

Kegiatan pemeriksaan hewan ternak warga dilakukan untuk mengetahui kesehatan bagi hewan ternak adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi, Kerbau, Kambing dan Domba sebagai langkah pemantauan dan pengawasan.

Pada kesempatan yang sama Peltu Yoni Efrizal Babinsa Nagari Cupak saat melaksanakan pengecekkan terhadap sapi warga menghimbau Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah).
“Untuk sementara dari hasil pemantauan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK, ” jelasnya. 

“Kami mengharapkan kepada para peternak hewan untuk selalu berkoordinasi, apabila ternaknya terjangkit penyakit segera memberitahukan kepada perangkat desa maupun instansi terkait agar tidak segera ditangani dan tidak menyebar ke hewan yang lain,” pungkasnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar