Recent Post



Babinsa Motivasi dan Beri Semangat Kepada Peternak Ikan Nila Yang Alami Gagal Panen.

SOLOK, BN-News-Sertu Julis Babinsa Koramil 01/kota Solok Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan pemberdayaan Prajurit dan masyarakat produktif di bidang perikanan yaitu budidaya pembibitan ikan jenis nila. 

Kegiatan Babinsa bersama 1 warga binaan berlokasi di RT 02 RW 01 Kelurahan Simpang Rumbio, Kota Solok, Jumat (01/07/22). 

Keuntungan budidaya ikan nila adalah cepatnya pertumbuhan serta masa panen ikan. Lumrahnya, bisa mencapai keuntungan bersih jutaan per bulan. Bahkan bisa mencapai puluhan juta jika kolam bersih dan benih ikannya banyak. Ikan nila adalah omnivora sehingga tak usah bingung dalam hal pakan.

Sertu Julis mengatakan Dalam masa pertumbuhan ternak ikan nila ini, terkendala dengan cuaca bulan kemaren sampai sekarang tidak menentu sehingga terdampak pada kolam tersebut dan tidak berkembang berakibat gagal panen.

Adapun modal dan kerugian berkisar Rp 2.250.000. Awal mulai pembibitan dilakukan pada tanggal 10/2/2022 dengan luas kolam lebih kurang 20x20 M dan diperkirakan akan panen pada tanggal 10/7/2022.
"Untuk semantara akan dilihat situasi cuaca dan selanjutnya melihat peluang untuk pembibitan lagi dari awal," ujar Babinsa. 

Sebagai Babinsa Sertu Julis akan selalu mendampingi peternak ikan kolam jenis nila ini serta memberikan semangat dan motivasi. Sehingga bisa terus giat dalam berusaha sebagai peternak ikan nila dalam meningkatkan swasembada pangan dan perekonomian keluarga. 

Harapannya jika sudah melakukan pembibitan awal kembali semoga kondisi cuaca bagus dan dapat memaksimalkan pertumbuhan ikan nantinya," ungkapnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar