Recent Post



Babinsa Lakukan Rutinitas Perawatan Tanaman Terong, Usai Melakukan Panen.

SOLOK, BN-News-Serda Royen Simanjuntak Bababinsa Koramil 04/Payung Sekaki bersama masyarakat melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif bidang pertanian yaitu Penanaman terong dengan luas lahan 7m × 20m bersama masyarakat an. Pat di Nagari Sirukam, Kec. Payung Sekaki, Kab. Solok, Sabtu (09/07/22). 

Tanaman terong dalam bahasa latinnya Solanum melongena, adalah tanaman sayuran yang dapat hidup sampai 1 tahun dalam sekali tanam. Tinggi tanaman dapat mencapai 160 cm ditanah yang subur, tanah humus. 

Tanaman terong dimanfaatkan buahnya sebagai sayur atau lalapan. Terdapat banyak ragam terong yang dibudidayakan di Indonesia, mulai dari terong lokal hingga terong impor. Bentuk dan warna buah terong cukup beragam ada yang putih, hijau hingga ungu. Bentuknya pun ada yang bulat, lonjong besar, hingga lonjong dengan ujung lancip.

Untuk perkembangan kegiatan rutinitas pemeliharaan tanaman terong, tanaman terong sudah 3 kali panen dengan hasil panen sekitar 300 kg. 
Serda Royen Simanjuntak sembari dalam membantu melakukan perawatan tanaman terong mengatakan, "Supaya tanaman terong dapat berkembang dan tumbuh dengan baik dan maksimal perlu dilakukan pemeliharaan yang intensif. Berupa penyulaman/penggantian tanaman yang mati akibat baru diambil dari pemindahan, lakukan diawal masa tanam," ucapnya. 

Dalam masa pertumbuhan tanaman petani diharuskan selalu melakukan pemantauan dan melakukan pembersihan dari hama yang dapat menggangu pertumbuhan tanaman terong secara intensif tersebut. 

Sehingga saat untuk panen berikutnya petani terong dapat memaksimalkan hasil panen sesuai yang diharapkan. Panen dapat dilakukan sampai 24x panen dalam satu kali budidaya, tergantung jenis, musim, varietas dan perawatan," ungkap Babinsa.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar