Recent Post



Babinsa Dampingi Kegiatan Petugas Kesehatan Berikan Vaksinasi Pada Hewan Ternak.

SOLOK, BN-News-Percepatan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak berkuku belah terutama sapi, menjadi fokus perhatian Pemerintah saat ini. 

Serda Amradona Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, bersama Bhabinkamtibmas mengikuti kegiatan vaksinasi hewan ternak sapi kelompok tani karya maju di Jorong Ujung Tanjung, Nagari Pulakek, Kec. Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Jumat (29/07/22). 

Dalam kesempatan tersebut Babinsa dengan Bhabinkamtibmas bekerja sama dengan petugas kesehatan Drh Rahma melakukan vaksinasi kepada hewan ternak. 

"Adapun hewan ternak milik kelompok tani  yang melakukan vaksinasi jenis sapi ini berjumlah 20 ekor sapi dan sapi layak dilakukan vaksinasi sebanyak 12 ekor," tutur Serda Amradona. 
Dalam hal ini, Serda Amradona mengatakan kami selaku Babinsa wilayah Koramil 0309-03/Sungai Pagu selalu siap mendampingi Dinas Kesehatan untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi guna mencegah virus PMK ini.

Selain melakukan vaksinasi pada hewan ternak, juga dilakukan penyulahan kepada para peternak terkait virus PMK ini. Salah satu cara pencegahan yang baik terhadap virus PMK tudak hanya mebetikan makanan yang bagus, tetapi juga faktor kebersihan dan kandang yang memenuhi syarat. 

"Diharapkan kepada peternak hewan selalu ekstra dalam mengawasi dan merawat ternaknya, seperti memperhatikan faktor kebersihan kandang dengan membersihkan kotoran sapi," ucap Babinsa. 

“Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh kepada instansi terkait,” jelas Serda Amradona.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar