Recent Post



Penyelenggaraan Haji 1443H/2022M Semakin Dekat, Kemenag Bukittinggi Lakukan Persiapan


BaritonagariNews.Com Bukittinggi_
Penyelenggaraan haji tahun1443H/2022M semakin dekat, sejumlah persiapan pun tengah dilakukan Kementerian Agama. Salah satu persiapan tersebut antara lain pemberian materi bimbingan manasik (bimsik).

Rapat diikuti seluruh Kepala KUA se Bukittinggi serta ASN Seksi PHU Kemenag Bukittinggi.

Pada penyelenggaraan haji tahun ini, pemberian bimsik di Kantor Urusan Agama (KUA) serta Kantor Kemenag kabupaten/kota dipersingkat. Pada masa normal pemberian bimsik dilakukan sebanyak 8 kali di Kecamatan (KUA) serta 2 kali di tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Kemenag kab/kota), sedangkan tahun ini pemberian layanan bimsik dipersingkat menjadi 4 kali di tingkat kecamatan serta 2 ditingkat kab/kota.

“Salah satu yang menjadi tanggung jawab kita adalah memberikan layanan bimbingan manasik haji kepada jemaah haji. Dalam waktu yang singkat ini kita akan segera laksanakan pembekalan ilmu melalui manasik haji sebanyak enam  kali, yakni dua kali di laksanakan tingkat Kota dan empat kali dilaksanakan di Kecamatan,” jelas Kepala Kemenag Kota Bukittinggi Eri Iswandi dalam rapat persiapan manasik jelang pemberangkatan jemaah haji Kota Bukittinggi 1443H/2022M di Ruang Rapat Kepala Kemenag Bukittinggi, Jumat (20/05).

Kepala Kemenag berharap calon jamaah haji Kota Bukittinggi setelah mengikuti manasik dapat menguasai rukun, wajib, sunnah dan larangan dalam melaksanakan ibadah haji. Sebab, dengan menguasai rukun wajib dan sunnah serta larangan dalam ibadah haji tersebut maka  pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar dan baik.

“Mudah-mudahan setelah pelaksanaan manasik haji, dalam pelaksanaan ibadah hajinya jamaah Kota Bukittinggi tidak mengalami kesulitan saat pemberangkatan, saat di arab saudi serta kembali lagi ke Indonesia dengan predikat haji yang mabrur,” pungkasnya.

Dikesempatan tersebut, Eri juga menyampaikan keberangkatan jemaah haji merupakan agenda kerja nasional yang memerlukan dukungan semua pihak. "Kami mengharapkan kita mempersiapkan secara matang agar dapat berjalan dengan baik dan sukses, selain itu penting untuk memastikan kesiapan jamaah haji yang baik secara fisik maupun kelengkapan seluruh dokumennya," tambahnya lagi.

Senada dengan Eri, Aparatur Sipil Negara (ASN) Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Ilham Putra menyampaikan hingga saat ini, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah telah melakukan berbagai langkah persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022.

"Salah satunya menyiapkan dokumen jemaah haji berupa paspor yang kemudian dikirimkan ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat," ujarnya.

"Insyaallah untuk manasik tingkat Kota Bukittinggi akan dibuka langsung Walikota bertempat di pendopo rumah dinas Walikota, Senin (23 /05/2022)," tandasnya***

Pewarta :BN2

Posting Komentar

0 Komentar