Recent Post



Dandim 0309/Solok Pimpin Sidang Pankar Kenaikan Pangkat Bintara Dan Tamtama

Komandan Kodim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., pimpin sidang panitia karier (Pankar) usul kenaikan pangkat (UKP) Bintara, Tamtama periode 1 Oktober 2022 di Ruang Yuda Makodim Jl. A. Yani No. 1 Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah,  Kamis (13/1/2022).


Dalam sambutan Dandim mengatakan, bahwa pangkat dan karier bagi prajurit merupakan suatu kehormatan dan kesejahteraan, yang wajib kita berikan kepada para prajurit, namun dengan adanya kenaikan pangkat dan karier, tentu semakin bertambah tanggungjawabnya.


“Sebelum semua itu diraih, banyak hal yang harus jadi pertimbangan serta berbagai tahapan yang harus dilalui, salah satunya dengan menyelenggarakan sidang pankar yang merupakan mekanisme dan prosedur penilaian yang objektif harus tetap dilaksanakan,”kata Dandim.


Lanjut Dandim mengatakan bahwa dalam sidang tersebut, sidang UKP yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui dari berbagai aspek yang merupakan persyaratan menyangkut kenaikan pangkat prajurit tersebut layak atau tidaknya untuk diusulkan ke Komando Atas, persyaratan nilai UKP yang di ajukan adalah dibidang Jasmani, apabila pada pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani tidak memenuhi syarat, maka Prajurit tersebut tidak akan diusulkan kenaikan pangkatnya, maupun berbagai catatan lainnya, seperti pernah melakukan pelanggaran kedinasan maupun pelanggaran lainnya.

Selain itu personel militer harus berbadan sehat, lulus tes kesamaptaan jasmani.

“Lulus tes kesehatan dan jasmani belum cukup untuk seseorang diusulkan naik pangkat, akan tetapi masih ada seleksi berikutnya, diantaranya adalah uji terampil perorangan (UTP) umum dan UTP jabatan. Setelah lulus tes inipun belum menjamin untuk diusulkan naik pangkat, masih ada data kepribadian atau data penilaian personel yang harus dinilai,” jelas. Letkol Arm Reno Triambodo.


Dalam sidang Pankar yang dipimpin Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., dihadiri oleh Kasdim 0309/Solok Mayor Inf Hendra Bagus Arioko Pabung Kodim 0309/Solok, Mayor Arh Baskir para Pasi Kodim 0309/Solok, Danramil jajaran Kodim 0309/Solok dan Danunit Intel Kodim 0309/Solok dengan ini melakukan sidang Pankar terhadap 29 orang prajurit yang terdiri dari 12 orang Bintara dan 17 orang Tamtama yang akan di-UKP-kan pada periode 1 Otober 2022 mendatang.

Posting Komentar

0 Komentar