Recent Post



Sambangi Wilayah Binaan, Babinsa Memotivasi Usaha Kecil Produksi Kopi

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 012/Sangir Nagari Lubuak Gadang Serda Iksan Tiago  menyambangi industri rumahan milik bapak irwandi pengolahan biji kopi arabica untuk melaksanakan Komsos dengan memotivasi serta memberi dorongan pengembangan kepada pelaku Usaha  Produksi Kopi di Jorong Bukit Malintang Nagari Lubuak Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Rabu (15/12/21).

Irwandi pemilik usaha tersebut, yang, merupakan usaha pengelola biji kopi Robusta dan Arabika di Nagari Lubuak Gadang menurutnya ” sebelum menjadi green bean/biji kopi, berbentuk buah kopi yang dipetik di atas pohon. Yang matang berwarna merah, sedangkan kopi yang belum matang berwarna hijau mempunyai kadar nitrogen yang masih tinggi. Di dalam buah seperti cherry inilah biji kopi didapatkan.jelasnya.  proses olahan menggunakan cara sederhana dari mulai panen, dikupas, direndam, dicuci,dijemur, ditumbuk, sortir (bungkus) sampai dengan pemasaran, dengan rata rata harga per bungkus berat 100 gram kopi Robusta Rp.15.000,- sedangkan Arabika Rp.30.000.paparnya.


Sementara itu  Babinsa, Serda Ikshan  mengatakan “bahwa sambang Industri pengolahan kopi ini sebagai penyemangat dan memotivasi serta dorongan dan ide-ide yang mungkin bermanfaat guna berkembangnya usaha tersebut. Dengan harapan  semakin banyaknya masyarakat kita yang produktif akan tercipta lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan bagi Warga Masyarakat sekitar serta mengurangi angka pengangguran”, pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar