Recent Post



Sasaran Jalan Usaha Tani TMMD 112, Mudahkan Mobilitas Petani Nagari Tanjung Alai


BARITONAGARINEWS.COM (BNN), SOLOK_ Dengan telah terbukanya akses jalan usaha tani yang bermuara di Goa Ngalau, Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok,  Sumatera Barat, melalui program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Reguler ke-112 Kodim 0309/Solok, memberi dampak domino bagi masyarakat.


Selain memudahkan mobilitas pertanian dan perkebunan warga di area sepanjang jalan sehingga menekan anggaran biaya dan waktu juga memberi harapan untuk mengeksplor potensi-potensi yang ada.


Salah satunya akses menuju potensi wisata Goa Ngalau yang memiliki keunikan serta bentangan alam perbukitan yang memukau.


Menurut keterangan Erdawati yang merupakan warga setempat, meski dia belum pernah sampai ke tempat tersebut, karena memang cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki, namun anak-anak saya telah sampai kesana dan menurut mereka memang terdapat Goa-Goa yang  ukurannya bervariasi bahkan bisa dimasuki oleh orang.


“Menurut cerita anak saya yang sudah pernah ke lokasi tersebut bahkan sempat masuk ke Goa tersebut, di dalamnya seperti ada kehidupan yang membatu. Ada batu seperti manusia, bayi dan juga ada meja dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Kata orang-orang tua dulu itu adalah kapal tersekat, tapi saya pun tidak tau pasti ceritanya, apalagi teempatnya di puncak bukit,” terang Erdawati di sela-sela kegiatannya membersihkan ladang di sekitar kandang kambingnya di pinggir area jalan yang dibuka itu. 


Secara terpisah, Yurdam yang merupakan Wali Nagari setempat menilai azas manfaatnya sangat terasa sekali bagi warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani sawah dan kebun. Sebelumnya lokasi yang hanya berupa jalan setapak dalam waktu kurang lebih sebulan disulap oleh tangan-tangan prajurit TNI dibantu warga hingga bisa dilalui kendaraan bermotor. Dikatakannya, harapan masyarakat selama ini menjadi nyata melalui kegiatan TMMD itu.


“Terkait potensi wisata, warga memang tengah giat-giatnya mengeksplor segala potensi-potensi yang ada. Dengan pebangunan jalan ini, tak hanya memberi manfaat pada satu sektor melainkan banyak harapan-harapan yang bangkit demi kemajuan nagari. Salah satunya Goa Ngalau yang berada di penghujung jalan yang dibuka ini. Semoga dengan semangat warga yang ditopang oleh segala unsur dapat membawa perubahan yang signifikan dalam gerak laju pembangunan, kemajuan daerah yang hakekatnya demi kesejahteraan masyarakat,” sebut Yurdam


Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar