Recent Post



Dua Rumah di Limapuluh Kota Ditimpa Pohon Tumbang.



BaritonagriNews(BNN).Com Limapuluh Kota_ Terdapat dua lokasi yang berada di Kabupaten Lima Puluh kota pada hari Jumat (01/10/2021) terjadinya angin kencang, sehingga  terjadi pohon tumbang mengakibatkan rumah penduduk 

Berdasarkan konfirmasi yang di dapat dari group  WA BPBD Payakumbuh  Joni amir mengatakan  dengan akibat angin tersebut di kabupaten Lima Puluh  Kota yang terjadi, dilaporkan kondisi akibat tingginya Itensitas angin kencang dengan suhu 21° C, mengakibatkan Pohon Tumbang di Nagari Sungai Kamuyang Kecamatan Luak lima puluh kota Jumat (01/10/2021) 

Di dalam WA tersebut di terangkan akibat Tingginya Intensitas angin kencang mulai pada pukul 23.30 Wib, telah mengakibatkan Pohon Tumbang yang berdampak pada rumah masyarakat yang terjadi di Nagari Sungai Kamuyang.

Berikut hasil dari TRC dilapangan di lokasi bahwa yang di timpa musibah tersebut atas nama Yasril (60) terjadi  Pohon Tumbang,  sebanyak 3 KK berjumlah  9 Jiwa diantaranya  4 Laki-laki, 5 Perempuan.

Terjadi pada sekitar pukul 01.30 tepatnya di Jorong  Padang kandok Nagari  Sungai Kamuyang
Kecamatan  Luak Limapuluh Kota 

Dampak dari kejadian tersebut mengakibatkan 1 Unit Rumah mengalami kerusakan bagian dapur dan kamar tidur akibat Pohon Tumbang akibatnya rumah rusak berat, Nihil Korban Jiwa. Kerugian di Perkirakan lebih kurang  Rp. 25.000.000.

Sementara itu di lokasi kedua juga terjadi pohon Tumbang yang menimpa Yusnimar (43) yang terdapat 1 KK terdapat  5 Jiwa diantaranya 3 Laki-laki 2 perempuan.

Dampak terjadinya mengakibatkan 1 Unit Rumah mengalami kerusakan atap bagian kamar tidur akibat Pohon Tumbang Korban jiwa Nihil
Perkiraan Kerugian  lebih kurang Rp. 3.000.000, Kerusakan Ringan.

Upaya yang dilakukan Pusdalops-PB melakukan koordinasi dengan Pihak Nagari Sungai Kamuyang, TRC melakukan Kaji Cepat di Lokasi, TRC, dan masyarakat setempat berupaya melakukan evakuasi pohon tumbang.

Perlu Sosialisasi ke masyarakat dalam mitigasi penebangan pohon yang dekat dengan rumah masyarakat, mengingat adanya potensi pohon tumbang jika terjadi angin kencang yang akan berdampak pada bangunan rumah terangnya 

Dalam evakuasi menerjunkan 1 (satu) Unit Mobil Operasional BPBD,  (dua) unit Chainsaw dan 1  (satu) utas tali karmanthel.

Juga ikut terjun dalam proses  evakuasi pohon tumbang oleh TRC dibantu Dinas Pemadam kebakaran, BABINSA, BABINKANTIBMAS dan Masyarakat setempat pungkasnya ***

Pewarta :BN2 


Posting Komentar

0 Komentar