Recent Post



NAGARI BATU BALANG - HARAU SIAPKAN REMAJA MASJID TANGGUH YANG MAMPU MENGURUS SOSIAL-KEAGAMAAN HINGGA TINGKAT KABUPATEN

Pembinaan Remaja Masjid se kenagarian Batu Balang, kec. Harau, 50 Kota, Minggu, 26/09/2021

BARITONAGARINEWS.COM (BNN),  LIMA PULUH KOTA - Untuk memperkuat peran remaja masjid dalam aktifitas sosial-keagamaan di nagari, BKSTPQ/TPSQ Batu Balang mengadakan acara pembinaan remaja masjid se-kenagarian Batu Balang pada Minggu (26/09/2021) yang bertempat di aula TK IT Miftahul Jannah jorong Tiga Alur kenagarian Batu Balang, kec. Harau. Kab. 50 Kota, Sumatera Barat.

Acara dengan tema "mewujudkan generasi milenial yang cerdas, kreatif, mandiri dan bertaqwa" itu digelar oleh Badan Kerjasama Taman Pendidikan Qur'an / Taman Pendidikan Seni al-Qur'an (BKSTPQ/TPSQ) nagari Batu Balang yang diketuai oleh utazd Alfian, S.PdI.
 
Hadir pada acara itu 30 orang remaja utusan dari 6 masjid yang ada di nagari Batu Balang. Masing-masing masjid mengutus 5 orang peserta. Turut hadir juga pada acara itu pengurus-pengurus masjid, tokoh-tokoh masyarakat, pengurus BKSTPQ, kepala-kepala jorong, serta wali nagari.
  
Utusan remaja-remaja masjid sekenagarian Batu Balang mendapat pembinaan dari BKSTPQ

Acara pembinaan itu dibuka pada pukul 08.30 Wib. dan ditutup pada jam 15.30 Wib. yang diisi oleh 7 orang pembicara yang terdiri dari unsur BKSTPQ, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, kepolisian, dinas kesehatan dan badan pemberdayaan nagari. Diantara pembicaranya adalah wali Nagari Batu Balang Dasrial Syofiadi, anggota DPRD Limapuluh Kota Beni Murdani dan Akmal Rustam, kepala bagian Humas dan Protokoler Sekeretariat Pemkab. Limapuluh Kota Hendra S,pd, H. Syafrijon, S.Ag, MA dari Kemenag Limapuluh Kota, ketua BKSTPQ nagari Batu Balang ustazd Alfian, S.PdI, kemudian H. Usman, S.Pd. M.MPd Sekretaris DPMD/N Lima Puluh Kota, dr. Muryani Dhatri mantan Direktur RSUD dr. Achmad Darwis  Suliki dan sejumlah tokoh lainnya.

Sebagaimana dilansir Tarantang TV Channel, wali nagari Batu Balang Dasril Syofiadi menyampaikan "nagari yang memiliki 6 jorong ini semenjak tahun 2001 hingga tahun 2020, baru kali ini dilakukan pembinaan serta pembentukan kepengurusan Remaja Mesjid se-kenagarian Batu Balang. Saya berharap dengan terbentuknya pembinaan remaja masjid ini, akan muncul remaja yang berprestasi dan dapat menjadi pemimpin di nagari dengan memiliki visi-misi masing-masing di masjid yang tersebar di nagari Batu Balang ini" katanya.

Ustazd Alfian, S.PdI 

Ketua BKSTPQ nagari Batu Balang ustazd Alfian, S.PdI ketika ditemui awak media di kediamannya di komplek Yayasan PKBM Miftahul Jannah jorong Tiga Alur menyampaikan "bahwa acara pembinaan remaja masjid se-kenagarian Batu Balang ini diadakan dengan tujuan untuk memakmurkan masjid, mendidik generasi umat, mengantisipasi pergaulan negatif remaja, mengarahkan mereka kepada pergaulan yang positif dan terarah di lingkungan masjid."

Selanjutnya pria yang sehari-hari bertugas di Kantor Kemenag Limapuluh Kota ini memaparkan "acara tersebut dilatarbelakangi sebuah hasrat dan  keinginan supaya masjid yang ada di nagari Batubalang kembali bergema syi'ar Islam dengan berbagai kegiatan ibadah dan kegiatan sosial lainnya dengan hasil kerjasama yang baik antara pengurus masjid dengan remaja masjid, saling bekerjasama dan memahami tugas dan fungsi masing masing sehingga mampu menjadikan masjid ramah anak, ramah lingkungan dan untuk siapapun senang beraktifitas positif dimasjid" tuturnya.

"Format acara ini kita bentuk seperti panel, masing-masing panelis bicara 20 menit, kemudian diadakan dialog. Kalau ada masalah antara remaja dengan pengurus masjid, dicarikan jalan keluarnya bersama-sama, misalnya mengenai biaya, teknis mengangkat acara dan sebagainya. Jadi acara ini adalah untuk menjembatani antara remaja masjid dan pengurus masjid. Di acara ini kita mengundang 5 orang utusan remaja per masjid, ditambah dengan pengurus masjidnya. Setelah pembekalan dan dialog, lalu masing-masing pengurus masjid melantik pengurus remaja masjidnya ketika itu juga dengan format acara, surat-menyurat yang sudah disiapkan oleh BKSTPQ nagari Batu Balang" paparnya.
 
 
Wali Nagari Batu Balang Dasrial Syofiadi melantik salah satu pengurus Remaja Masjid

"Setelah pelantikan masing-masing pengurus remaja masjid yang disaksikan oleh wali nagari dan tokoh-tokoh masyarakat yang bertempat di aula TK IT Miftahul Jannah jorong Tiga Alur, lalu  BKSTPQ nagari Batu Balang menfasilitasi pula pembentukan Forum Komunikasi Remaja Masjid Nagari (FKRMN) Batu Balang. Maka dipilih lah ketika itu 5 orang sebagai calon ketuanya. Masing-masing calon ketua ini diminta mempersiapkan diri untuk menyampaikan visi dan misinya di hadapan forum setelah shalat 'Isya pada malam petang kamis 30 September 2021 mendatang yang bertempat di masjid Jamik Balai nagari Batu Balang. Setelah itu FKRMN Batu Balang akan mengadakan pemungutan suara pemilihan ketua. Suara terbanyak otomatis menjadi ketua, suara nomor dua akan menjadi wakil ketua dan untuk sekretaris dan bendahara akan ditunjuk sendiri oleh Ketua dan Wakilnya, itu dimaksudnya supaya ada kesesuaian kerja nantinya, kan dia tahu sendiri siapa yang lebih bisa ia ajak bekerjasama. Otomatis sekretariat FKRMN ini adalah di masjid nagari yaitu masjid Jami' Balai Batu Balang dan semua pengurus remaja masjid yang hadir pada acara pembinaan tadi sudah otomatis menjadi FKRMN semuanya" terangnya panjang lebar.
 
"star awalnya adalah acara Pekan Maulid Nabi 1443 H yang akan digelar pada tanggal 19, 20 dan 21 Oktober 2021 mendatang. BKSTPQ nagari Batu Balang akan mengangkat berbagai acara dalam rangka memeriahkan Maulid Nabi Muhamamd SAW. diantaranya lomba Khutbah Jum'at, lomba Pidato tingkat SMP dan SMA sederajat se-kecamatan Haru, dan terakhir acara Tabligh Akbar yang akan diisi oleh ustazd dari Bandung. Pada acara pembukaan Pekan Maulid Nabi ini pada hari pertamanya kita lantik dulu pengurus FKRMN ini, kemudian untuk selanjutnya kepanitiaan dan pelaksanaan acara Pekan Maulid ini kita serahkan kepada mereka" harapnya penuh semangat.
 
"Golnya nantinya adalah acara MTQ nagari Batu Balang. Kita berencana tahun 2022 nanti akan menggelar acara MTQ sekenagarian Batu Balang dengan format MTQ Kabupaten. Dimana masing-masing jorong memiliki kafilah masing-masing yang diarak menuju mimbar utama, kemudian pelaksanaannya kita bagi pada setiap masjid dan mushalla di jorong-jorong. Acara ini nantinya juga akan kita serahkan pelaksanannya kepda FKRMN Batu Balang ini" harap Alfian.

"Kita sangat puas sekali dengan pelaksanaan acara pembinaan remaja masjid se-kenagarian Batu Balang ini, para peserta sangat antusias, sebelum acara dimulai semua peserta utusan dari 6 masjid itu sudah hadir semuanya, nara sumber juga demikian, kepala-kepala jorong. Wali nagari Batu Balang Dasril Syofiadi dari acara pembukaan sampai penutupan beliau selalu mengikuti acara. Kita berterimakasih pula kepada seluruh donatur yang telah membiayai pelaksanaan acara ini, acara ini dibiayai dengan dana ummat, ada iuran dari masjid-masjid, dari wali nagari, donatur dan sebagainya" tukuknya.***

Pewarta : Fitra Yadi Malin Parmato 
 
 
 
 

Posting Komentar

0 Komentar