Recent Post



Babinsa Koramil 12/Sangir Dampingi Pemakaman Jenazah Terkonfirmasi Covid-19 di Wilayah Binaan

SOLOK, BARITONAGARI.COM - Banyaknya kasus meninggal dunia karena Covid-19 di Indonesia membuat sebagian warga merasa kawatir. Bahkan di beberapa tempat sempat ada penolakan dari warga dalam penguburan jenazah.
 
Oleh karenanya, setiap ada pemakaman jenazah dengan Protokol Covid-19, disitu pasti akan terlihat aparat TNI dan Polri yang menjaga dan mengawal proses pemakaman hingga selesai.
 
Babinsa  Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Selatan Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok Serda Surono mengatakan, pemakaman jenazah yang diterapkan oleh pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan sangat ketat. Sehingga warga tidak perlu kawatir lagi saat ada pemakaman dengan protokol Covid-19.
 
“Semua sudah disesuaikan dengan prosedur yang ada dalam pemakaman. Jadi warga tidak perlu kawatir, manakala ada salah satu warganya dimakamkan dengan protokol Covid-19,” ujarnya disela-sela pendampingan pemakaman Rustam (71), salah satu warga yang meninggal dunia dengan status terkonfirmasi, di Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan, Minggu 10/01/2020.
 
Lebih lanjut, ia menuturkan, pihak TNI, khususnya Kodim 0309/Solok bersama Kepolisian, tim Kesehatan dan Satgas Covid-19 akan terus berupaya memberikan penjelasan dan edukasi kepada warga mengenai jenazah yang harus dimakamkan dengan protokol Covid-19.
 
“Alhamdulillah, warga di wilayah Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan rata-rata sudah memahami, sehingga sampai saat ini tidak ada penolakan pemakaman jenazah pasien Covid-19,” imbuh Serda Surono.
 
Rustam (71) Dinyatakan Positif Covid-19 pada tanggal 31 Desember 2020 dan di Isolasi di RSUD Kab. Solok Selatan selama 10 hari dan meninggal pada hari ini tanggal 10 Januari 2021, jenazah dimakamkan di Kampung Keluarga Istrinya di Jorong Manggiu Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok.
 
“Karena hasil swab almarhumah terkonfirmasi, maka dari petugas rumah sakit mengharuskan jenazah dimakamkan dengan prosedur pemakaman Covid-19,” kata Surono.
 
Pemakaman yang dilangsungkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan, dihadiri oleh, Wali Nagari Lubuk Gadang beserta perangkatnya, pihak keluarga. Sementara untuk pendampingan dan pengawalan pemakaman, dilaksanakan oleh beberapa personel Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok dan Bhabinkamtibmas Polres Solok Selatan.***

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar