Recent Post



Diduga Karena Puntung Rokok, Puncak Tamudo Muaro Pingai Terbakar

Diduga Karena Puntung Rokok, Puncak Tamudo Muaro Pingai Terbakar. Tampak petugas berjibaku memadamkan api (foto : (jon indra)

MUARO PINGAI, BARITONAGARI.COM - Sore menjelang magrib, Rabu (12/8/2020), masyarakat Nagari Muaro Pingai kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Dikejutkan dengan kobaran api di Puncak Guguak Tamudo Jorong Koto, sekitar pukul 15.25 Wib

Sontak warga yang melihat amukan sijago merah, bersama sama mendatangi lokasi kejadian sembari memberitahukan kepada pihak kepolisian dan pemerintahan nagari setempat.

Berkat kesigapan masyarakat dan aparat kepolisian dibantu Damkar Kabupaten Solok dari Sumani, api berhasil dipadamkan tanpa merusak lahan produktif masyarakat.

"tidak ada  lahan produktif warga yang terbakar. Namun yang hangus hanya bukit yang ditumbuhi rumput ilalang," terang Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi,S.I.K yang berada di lokasi kejadian sore tadi.

Kata AKBP Ferry Suwandi,S.I.K penyebab kebakarakaran  lahan kosong tersebut secara pasti belum dapat diketahui.

Dugaan sementara api berasal dari bekas puntung rokok yang di buang oleh orang yang tidak dikenal yang melewati atau melintasi jalan tersebut.

"lahan kosong yang terbakar diperkirakan sekitar 5 hektare," kata Kapolres.

Kapolres menghimbau seluruh warga yang melintasi lahan lahan per ladangan, agar hati hati membuang puntung rokok, karena saat ini musim kemarau disertai angin.

"mari kita jaga hutan dan ladang kita dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan,"  imbau Kapolres.
Jelang magrib sekitar pukul 17.00 Wib api berhasil dipadamkan dengan bantuan 7 unit mobil Damkar Kabupaten Solok.

Selain Kapolres di lokasi kejadian juga tampak hadir Kasat Intelkam Polres Solok Kota Iptu Jufrinaldi, SH, Kasat Reskrim Polres Solok Kota Iptu Defrianto, SH, MH, Kapolsek Junjung Sirih Polres Solok Kota Iptu Satrialis, SH, Bhabinkamtibmas Muaro Pingai Bripka Fauzi Rusdi dan personil lainya, Bhabinsa Muaro Pingai Kopda Hendri Yuspa, Kapolsek X Koto Dibawah Iptu Yasril, SH, MH, KBO Sat Intelkam Polres Solok Kota Ipda Novit Kosmiko, SH, MH, Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres Solok Kota, Wali Nagari Muaro Pingai Dodi Hermen,SE serta seluruh Wali Jorong .

Sementara pemilik lahan kosong yang terbakar adalah Syahril Sutan Mudo (52), Nusirwan, (48), Jendra Wati (45) Indra (35), Mujiman (40),Amril Buya (42)

Wali Nagari Muaro Pingai Dodi Hermen, SE mengingatkan seluruh warganya untuk menjaga lahan perkebunan, karena saat ini musim kemarau.

"jangan buang puntung rokok sembarangan dan hati hati jika memasak dengan menggunakan kayu. Pastikan dulu api sudah padam baru ditinggalkan,"pinta Dodi Hermen, SE***
(jon indra)

Posting Komentar

0 Komentar